Skip to main content
Foto

Forum Lintas OPD Lingkup PemProv. Sultra Tahun 2022

Pada Hari Rabu, 16 Maret 2022. Bappeda Prov. Sultra menyelenggarakan Forum Lintas OPD Lingkup PemProv. Sultra yang bertempat di Hotel Claro Kendari.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk penyelarasan program dan kegiatan, penajaman indikator dan target kinerja dalam rangka sinergitas dan optimalisasi pencapaian sasaran sesuai tugas dan fungsi dari Perangkat Daerah Provinsi.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekda Prov. Sultra (Hj. Nur Endang Abbas), Kepala Bappeda Prov. Sultra (J. Robert) dan Kepala Dinas/Badan/Biro Lingkup Pemprov Sultra.


Foto

Kegiatan diawali dengan penyampaian laporan Kepala Bappeda Prov. Sultra (J. Robert), dalam laporannya beliau menyampaikan Bappeda sudah merampungkan rancangan awal RKPD yang berdasarkan pada RPJMD  yang sudah ditetapkan revisinya pada tahun 2021 dan tahapan selanjutnya sudah dilaksanakan konsultasi publik dan dilanjutkan forum lintas OPD yang dilaksanakan hari ini yang akan membahas atau menyingkronkan tema dan prioritas pembangunan daerah tahun 2023 dimana tema tersebut sudah dirumuskan oleh Bappeda dan sudah disetujui oleh Bapak Gubernur. Pada kesempatan kali ini akan disampaikan oleh Bappeda Isu-isu strategis tema dan prioritas yang kemudian perlu dijabarkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan prioritas yang ada pada OPD lingkup Pemprov. Sultra. Prioritas menjadi masukan yang berharga bagi kegiatan OPD Pemprov Sultra. Semua kegiatan OPD harus merujuk ke tema dan prioritas sebagaimana yang akan Bappeda sampaikan kemudian. Akan ada perubahan pagu anggaran setiap OPD stelah dikonsultasikan dengan Gubernur akan dibagi ke OPD agar OPD dapat merumuskan kembali kegiatan sesuai dengan pagu yang didasarkan pada beberapa asumsi sehingga tidak ada keluhan karena adanya gap dalam penempatan pagu yang ditetapkan.


Foto


Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Sekda Prov. Sultra (Hj. Nur Endang Abbas) sekaligus membuka acara, dalam sambutannya beliau menyampaikan Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi rencana-rencana kedepan sebagai : akselerasi, penyesuaian/ harmonisasi dan refres/pengingat kembali semua ilmu perencanaan untuk membuat perencanaan yang baik berkualitas yang sinergi, terkoordinasi dan sesuai dengan tema dan prioritas yang ditentukan. Penyusunan renja perangkat daerah wajib menjaga konsistensi perencanaan antara renja perangkat daerah dan renstra, RKPD dan RPJM terutama berkaitan dengan penyusunan program kegiatan dan sub kegiatan beserta indikatornya dan kinerja, Dalam menyusun renja, perangkat daerah harus memperhatikan arah kebijakan dan prioritas pembangunan dalam RKPD dan Sinkronisasi untuk merumuskan program kegiatan dan sub kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi OPD dalam mengatasi permasalahan pada tahun 2023.


Foto


Setelah itu, pada sesi Pembahasan, Kabid. Perencanaan Makro Bappeda Prov. Sultra (Hasrullah) menyampaikan hasil Rakortekrenbang Nasional Tahun 2022, lalu dilanjutkan pembahasan mengenai Prioritas Pembangunan Sulawesi Tenggara Tahun 2023, yang dimana ada 4 isu strategis dalam prioritas pembangunan sultra, yaitu Pembangunan Manusia, Pemulihan perekonomian daerah dan penanggulangan kemiskinan, Tata kelola pemerintahan dan Peningkatan kapasitas infrastruktur dasar dan wilayah terutama infrastruktur penunjang sektor unggulan.

 

Tema RKPD Prov. Sultra tahun 2023 " Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan melalui Peningkatan Kualitas SDM dan Infrastruktur Pendukung ".


 Foto


Pertemuan Forum Lintas OPD Lingkup PemProv. Sulawesi Tenggara  Tahun 2022 ditutup oleh Asisten II  Prov. Sultra.

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.